Bacaan Surat Pendek Al Qur’an – Pengertian Al Qur’an merupakan Kitab Suci Al Qur’an didalam Ajaran Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara (Melalui) Malaikat Jibril dan menurut Hadist Shahih Riwayat Thobari dan An Nasai bahwa, ” Al-Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah di Langit Dunia. Kemudian diturunkan berangsur – angsur kepada Nabi Muhammad SAW dalam jangka waktu sekitar selama 23 tahun (HR. Thobari & An Nasai) ”.
Sebelum membahas tentang Suratan – Suratan Pendek Al Qur’an, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu tentang Keutamaan Kitab Suci Al Qur’an karena Al-Qur’an sangatlah penting bagi Setiap Manusia yang berguna sebagai petunjuk dan cahaya yg dapat menerangi Perjalanan hidup Seseorang serta dapat menuntunnya menuju keselamatan. Hal ini seperti diterangkan didalam Firman Allah SWT yang berbunyi, ” Wahai Umat Manusia, Sungguh sudah datang kpd kalian keterangan yg jelas dari Rabb kalian (Allah SWT) dan kami turunkan kpd kalian cahaya yg terang – benderang (QS. An Nisaa : Ayat 174) ”.
Kemudian didalam Ayat Suci Al Qur’an terdiri dari 114 Surah (Suratan) dan 30 Juzz, untuk Surat – Surat didalam Kitab Suci Al Qur’an terbagi menjadi Dua Macam yang antara lain Surat Makkiyah dan Surat Madaniyah jika dilihat dari Tempat dan Waktu Penurunan Surat tersebut. Adapun Surat Makkiyah itu adalah Suratan (Ayat) Al Qur’an yang turun di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah, sedangkan untuk Surat Madaniyah ialah Surat (Ayat) Al Qur’an yang diturunkan di Kota Madinah atau diturunkan saat setelah Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah.

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini

0 Response to " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel