-->

Bacaan niat sholat tarawih sendiri, berjemaah, berikut niat sholat witir

Bacaan niat sholat tarawih sendiri, berjemaah, berikut niat sholat witir

Bulan Ramadan 2019 telah di muka mata. Waktunya umat Islam mempertebal iman serta menyempurnakan beribadah dengan amalan-amalan sunnah, diantaranya ialah salat tarawih atau sholat tarawih. Lantas sudahkah Anda tahu bacaan niat sholat tarawih yang benar?

Sholat tarawih ialah beribadah sholat sunnah yang dikerjakan sesudah menjalankan sholat Isya pada bulan Ramadan. Beribadah ini dapat dikerjakan sendirian atau berjemaah.

Sholat tarawih baiknya ditangani sekitar 2 rakaat. Bila punya niat kerjakan 8 rakaat, jadi seyogyanya dengan sholat 2 rakaat sekitar 4 kali dengan 1 kali salam tiap-tiap akhir rakaat ke-2.

Buat Anda yang punya niat kerjakan beribadah sholat tarawih, di bawah ini kami tunjukkan bacaan niat sholat tarawih 2 rakaat yang benar.

Niat sholat tarawih sendiri

Untuk Anda yang punya niat menjalankan sholat tarawih sendiri di dalam rumah, silahkan membaca niat sholat tarawih berikut ini.

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA."

Berarti :
Saya niat salat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebab Allah Ta'ala.

Bacalah niat sholat tarawih diatas dalam hati bertepatan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya beribadah sholat.

Niat sholat tarawih 4 rakaat

Sebagian orang menjalankan sholat tarawih sekitar 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlahnya rakaat ini datang dari pengucapan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melakukan sholat 4 rakaat, jadi jangan sampai tanyakanlah tentang bagus serta panjang rakaatnya. Lalu beliau melakukan sholat 4 rakaat kembali, jadi jangan sampai tanyakanlah tentang bagus serta panjang rakaatnya."

Pengakuan ini mempunyai peluang 4 rakaat dikerjakan sekaligus juga dengan 1 salam atau juga bisa 4 rakaat yang dikerjakan dengan 2 rakaat sekitar 2 kali.

Menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk juga zhahir (umum), tapi Rasulullah SAW telah memberi pengakuan langsung tentang sholat malam.

"Sholat malam ialah dua rakaat dua rakaat."

Sebab sholat tarawih termasuk juga beribadah salat malam yang diperkokoh dengan hadits qauliy (pengucapan Nabi), jadi penafsiran salat tarawih 4 rakaat yang ditangani 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat basic hukumnya.

Lebih dari 80 kitab Mu'tabar dari beberapa cabang pengetahuan sudah mengatakan jika sholat tarawih yang ditangani dengan 4 rakaat 1 salam itu tidak resmi. Salah satunya Imam Nawawiy al-Dimasyqiy, Imam Ahmad Ibn Hajar al-Haytamiy, Imam Muhammad Ibn Ahmad al-Ramliy, Imam Muhammad al-Zarkasyiy, serta Imam Ahmad Ibn Muhammad al-Qasthallaniy.

Walau bagaimanapun, bila ada sebagian orang yang memandang sholat tarawih 4 rakaat dengan 1 kali salam resmi sebetulnya tak perlu jadikan perbincangan. Selanjutnya semua kembali pada keimanan semasing.

Niat sholat tarawih serta witir

Jumlahnya rakaat sholat tarawih yang umum ditangani diantaranya 11 rakaat dengan witir serta 23 rakaat dengan witir. Semasing ditangani tiap-tiap 2 rakaat serta disudahi dengan salam. Karenanya tujuannya masih sholat tarawih 2 rakaat.

Salat tarawih baiknya ditutup dengan sholat witir yang jumlahnya rakaatnya ganjil. Niat sholat witir beragam, biasanya 1 rakaat atau 3 rakaat.

Niat sholat witir 1 rakaat salam

Buat Anda yang ingin kerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, di bawah ini bacaan niat sholat yang dapat Anda hafalkan.

"Ushallii sunnatal witri rok 'atan mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman / imaman) lillaahi ta'alaa."

Berarti:

"Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat jadi (ma'muman / imaman) sebab Allah ta'alaa.

Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam

Di bawah ini bacaan Niat sholat witir dengan 3 rakaat yang dibarengi dengan 1 kali salam.

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa."

Berarti :
"Saya punya niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat jadi (ma'muman/imaman) sebab Allah ta'alaa".

Demikian baacan niat sholat tarawih serta witir komplet. Pilih salah satunya dalam kurung. Jika sholat menjadi makmum pilih 'ma'muman'. Bila jadi imam, gunakan kata 'imaman'.

Niat sholat tarawih berjamaah

Beribadah sholat tarawih akan menghadirkan faedah yang semakin besar bila digerakkan dengan berjamaah atau berjemaah. Karenanya tidak ada kelirunya bila Anda pun pelajari bacaan niat sholat tarawih berjamaah.

Berikut ini kami tunjukkan bacaan niat sholat tarawih yan digerakkan berjamaah.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Berarti :
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat menjadi makmum sebab Allah Ta'ala."

Niat sholat tarawih menjadi imam

Jika Anda ditunjuk jadi imam sholat waktu tarawih, di bawah ini bacaan niat sholat tarawih yang dapat Anda amalkan.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Berarti :
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat menjadi imam sebab Allah Ta'ala."

Demikian bacaaan niat sholat tarawih berjamaah menjadi makmum atau imam.
niat sholat tarawih serta tata triknya

Meskipun jumlahnya rakaat sholat tarawih berlainan, akan tetapi realisasinya sama. Sholat tarawih 11 rakaat ataupun 23 rakaat saling ditangani tiap-tiap 2 rakaat serta disudahi dengan salam. Karenanya niat sholat tarawih berapakah rakaat juga sama.

Sesaat tata langkah sholatnya sama juga dengan beribadah sholat sunnah yang lain. Sholat witir dapat ditangani langsung sesudah tarawih atau dikerjakan sesudah kerjakan sholat sunnah lainnya, contohnya sholat tahajud serta hajat.

Demikian tips tentang bacaan niat sholat tarawih, witir, bersama tata langkah lakukan beribadah sholatnya. Mudah-mudahan memberi pengetahuan serta faedah buat Anda. Selamat menjalankan beribadah sunnah di bulan Ramadan.
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini

0 Response to "Bacaan niat sholat tarawih sendiri, berjemaah, berikut niat sholat witir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel