-->

Tips Menunaikan Zakat Tepat Sasaran

Tips Menunaikan Zakat Tepat Sasaran

Menjadi seseorang Muslim, zakat adalah salah satunya keharusan kita sebab termasuk juga dalam Rukun Islam yang ke-4. Akan tetapi, apa Teman dekat tahu jika zakat tidak langsung bisa dibayar sesuka kita?

Sama dengan Firman Allah,

اِنّـَمَاالصَّـدَقَـاتُ للِـفُـقَـرَاءِوَالْـمَـسَا كِـيْنِ وَالْـعاَمِـلِيْـنَ عَـلَيْـهَاوَالْمُـوَلَّفَـةِ قُـلـُوْ بُـهُـمْ وَفِى الرِّقَـابِ وَالـْغَـارِمِـيْـنَ وَفِى سَـبِلِ اللهِ وَبْنِ السَّـبِيْـل

Artnya: Sebenarnya zakat-zakat itu hanya untuk orang fakir, beberapa orang miskin, pengurus zakat, beberapa muallaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, beberapa orang yang berutang, untuk jalan Allah, serta beberapa orang yang tengah dalam perjalanan (Q.S. At-Taubah: 60)

Dalam membayar zakat, kita mesti tahu terlebih dulu kemana kita mesti memberinya. Surah itu menuturkan jika beberapa orang penerima zakat terdiri jadi 8 kelompok yakni,


  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Amil
  4. Muallaf
  5. Riqab
  6. Gharim
  7. Fii Sabilillah
  8. Ibnu Sabil


Baik itu keluarga paling dekat, masjid atau Instansi zakat, kita butuh kenali terlebih dulu latar belakang dari pengumpul dana zakat itu. Tersebut 10 panduan yang butuh Teman dekat kenali supaya zakat dapat pas tujuan.

Ketahui Type Zakat yang sudah Diputuskan dalam Al Quran

Kententuan zakat tentu saja berlainan tiap-tiap macamnya. Oleh karenanya, kita butuh tahu dulu beberapa jenis zakat yang ada pada Al Quran serta Hadis yakni zakat fitrah serta zakat mal.

Zakat Fitrah terkait dengan prasyarat komplet dalam menyempurnakan beribadah puasa di bulan Ramadhan. Sedang zakat mal terkait dengan bersihkan harta yang kita punya. Harta ini bukan sekedar yang kita gunakan saja, tapi yang kita tidak terpakai juga dihitung hingga zakat mal butuh perhitungan yang detil.

Kenali Kriteria Muzzaki (Orang yang Harus Keluarkan Zakat)

Seseorang muzzaki atau orang yang harus keluarkan zakat nyatanya butuh penuhi syarat-syaratnya terlebih dulu. Empat prasyarat seseorang yang harus terima zakat yakni beragama Islam, merdeka atau bisa memiliki harta yang cukuplah, berakal serta baligh, dan sudah sampai nisab.

Mengeluarkan Zakat sama dengan Nisab serta Haulnya

فـَرَضَ رَسـُوْلُ اللهِ صـَلىَ اللهُ عـَلـيـْهِ وَسـلـَّمَ زَكـَاتَ الـفـِتْرِ طـُهـْرَةً للِـصـَّا ئِـمِ مـِنَ لـَغـْوِ وَالـرَّفـَثِ وَطُـعـْمـَةً لِلـْمَـسـَا كـِنِ. فـَمـَنْ ادَّ هـَا قـَبـْلَ الـصـَلاَةِ فـَهـِيَ زَكـَاةٌ مـَقـْبـُلـَةٌ. وَمـَنْ ادَّا هـَا بـَعـْدَ الـصـَّلاَةِ فـَهـِيَ صـَدَقـَةٌ مـِنَ الـصَّـدَ قـَاتِ

Berarti: Rasulullah saw sudah mawajibkan zakat fitrah, yang berperan untuk mensucikan orang yang berpuasa dari kotoran-kotoran yang dikarenakan oleh omong kosong, serta ucapan-ucapan keji, serta untuk makanan buat beberapa orang miskin. Barangsiapa menunaikannya sebelum shalat idul fitri, jadi dia ialah zakat fitrah yang di terima. Serta siapa saja menunaikannya setelah shalat idul fitri, jadi ia di terima menjadi sedekah sunnat saja. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, serta Daraqutni)

Bolehkah kita berzakat fitrah sesudah sholat Idul Fitri? Sesaat dahulu, semua ada hukumnya. Zakat sendiri terdiri 2 (dua) yakni Zakat Fitrah serta Zakat Mal. Meskipun kedua-duanya mempunyai nisab serta haul yang berlainan, tapi kedua-duanya mempunyai makna yang sama yakni untuk menyucikan harta yang kita miliki.

Kalkulasi Zakat Terbaikmu dengan Kalkulator Zakat

Sebelum membayar zakat, terpenting zakat mal, sebaiknya kita kalkulasi lebih dulu berapakah banyak harta yang butuh kita zakati. Sebab tiap-tiap harta yang kita miliki akan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat.

يَـااَ يـُّـهَـاالـَذِيـْنَ اَمـَنُـوْ ا اَنْـفِـقُـوْا مِـنْ طَـيِّـبَـا تِ مَـاكـَسَـبْتُـمْ وَمـِمَّا اَخْـرَجْـنَـا لـَكُـمْ مِـنَ الـَرْضِ.

Berarti: Hai beberapa orang yang beriman, nafkahkanlah beberapa hasil dari usahamu yang baik-baik, serta beberapa dari apakah yang kami mengeluarkan dari bumi buat kamu (QS. Al-Baqarah: 267)

Pilih Instansi Zakat yang Terpercaya

Apa Teman dekat tahu jika angka kelaparan serta kelahiran di Indonesia makin bertambah? Indonesia memang termasuk negara yang kaya dengan macam alamnya. Akan tetapi, tidak bisa tutup mata pun jika Indonesia memiliki tingkat kelaparan serta kelahiran yang tinggi. Sebab perihal ini, sangat banyak lembaga-lembaga yang tawarkan program-program zakat yang langsung dialirkan ke semua Indonesia.

Salah satunya perumpamaannya ialah Dompet Dhuafa. Yayasan Dompet Dhuafa Republika yang berdiri semenjak 1994 ini sudah lakukan program-program penyaluran zakat di bagian Pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta peningkatan sosial. Program-program itu diperuntukkan langsung pada 8 kelompok penerima asnaf sampai lebih dari 1.765.748 jiwa bisa terima faedah zakat di tahun 2017.
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini

0 Response to "Tips Menunaikan Zakat Tepat Sasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel