Doa Puasa Ramadhan: Doa Niat Puasa serta Doa Berbuka Puasa untuk Bulan Ramadhan

Doa Puasa Ramadhan

Doa Puasa Ramadhan – Bulan Ramadhan sudah datang. Ini ialah waktunya kita mulai melakukan rukun Islam kita yang ke-4 yakni puasa. Apa Anda telah mulai lupa dengan doa niat puasa dengan doa berbuka puasa? Tidak butuh cemas, tersebut kami beri beberapa info mengenai doa puasa yang komplet.

Doa Niat Puasa

Sebelum berpuasa, sebaiknya kita gabungkan niat kita untuk betul-betul berpuasa sebab Allah SWT. Sebab puasa bukan sekedar meredam lapar saja, tapi pun lengkapi beribadah kita di bulan Ramadhan yang penuh karunia ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala

Berarti: “Saya niat berpuasa keesokan hari untuk menunaikan keharusan di bulan Ramadan tahun ini, sebab Allah Ta’ala.”

Doa berbuka Puasa

Waktu berbuka puasa ditandakan dengan kumandang adzan magrib. Meskipun tiap-tiap daerah mempunyai waktu berbuka yang berlainan, bukan bermakna niat doa berbuka puasa kita berlainan dengan yang lain. Ini sebab puasa kita ialah beribadah harus kita saat bulan Ramadhan.

Lafadz Pertama,

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Berarti: “Ya Allah keranaMu saya berpuasa, denganMu saya beriman, kepadaMu saya berserah serta dengan rezekiMu saya berbuka (puasa), dengan karunia MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Lafadz Ke-2,

Tidak hanya doa berbuka puasa diatas, ada satu opini yang lain mengenai doa berbuka puasa yang datang dari hadis Rasulullah SAW yakni seperti berikut,



ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ



Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Berarti: Sudah hilanglah dahaga, sudah basahlah kerongkongan, mudah-mudahan ada pahala yang diputuskan, bila Allah menginginkan.” (Hadits shahih, Kisah Abu Daud: 2/306, no. 2357 serta selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

Ke-2 doa di atas sudah di ajarkan turun temurun dari Ulama ke Ulama yang diakui oleh umat. Seperti dalam berarti, sebab Allah Ta’ala. Itu kenapa sebelum berpuasa kita mesti tahu doa puasa Ramadhan nya terlebih dulu baik itu doa niat puasa dan doa berbuka puasanya. Mudah-mudahan jawaban ini bisa menolong untuk membuat lancar puasa kita saat bulan Ramadhan.
Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini

0 Response to "Doa Puasa Ramadhan: Doa Niat Puasa serta Doa Berbuka Puasa untuk Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel