-->

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Sesuai Petunjuk Nabi

Tuntunan Sholat – Sholat taubat adalah shalat sunnah dua rakaat sekali salam seperti sholat sunnah yang lainnya, kegunaannya saja yang berbeda. Beberapa shalat sunnah memiliki kegunaan, fungsi dan manfaatnya masing-masing.


Shalat sunnah ada yang dilakukan karena mengikuti sunnah Rasulullah secara mutlaq tanpa ada sebab, seperti shalat sunnah rawatib, sholat tahajud, sholat dhuha, sholat tahiyatul masjid, dll.
Ada juga yang dilakukan karena ada sebab, misalnya sholat hajat untuk meminta dikabulkannya hajat. Shalat istikharah untuk untuk meminta petunjuk atau kemantapan kepada Allah atas beberapa pilihan. Dan shalat taubat, yaitu untuk meminta ampunan (taubat) atas kesalahan atau dosa-dosa yang diperbuat.
Sholat taubat ini baik dilakukan untuk menyesali kesalahan atau perbuatan dosa yang telah terjadi. Baik disengaja atau tidak, baik dosa besar atau dosa kecil. Shalat taubat ini merupakan bentuk dari kesungguhan kita meminta ampunan kepada Allah, lebih dari sekedar membaca istighfar.
Pengertian taubat sendiri artinya adalah menyesali atas segala perbuatan dosa dan kesalahan yang dilakukannya, serta bertekad dan berniat tidak akan mengulanginya lagi disertai dengan memohon ampun kepada Allah.

Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara sholat taubat ini sama seperti sholat sunnah lainnya, yaitu dilakukan setiap dua rakaat sekali salam. Boleh dilakukan dua rakaat, empat rakaat atau enam rakaat.
Ada yang mengamalkan sholat taubat ini setiap hari, sebab bukan tidak mungkin dalam sehari kita melakukan kesalahan, baik disengaja atau tidak. Oleh sebab itu dilakukannya shalat taubat ini juga berguna untuk membersihkan kesalahan kita setiap hari, baik yang disengaja atau tidak.
Urut-urutannya adalah sebagai berikut:
  • Niat sholat taubat
  • Takbirotul Ihram
  • Membaca Doa Istiftah/iftitah (Sunnah)
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Al-Qur’an
  • Ruku’ (Membaca Tasbih ruku’ tiga kali)
  • I’tidal (Membaca doa i’tidal “Robbanaa lakal hamd)
  • Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Duduk diantara dua sujud (Membaca doa “Robbighfirlii Warhamnii”)
  • Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan diatas
  • Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir)
  • Salam
  • Berdoa mohon ampunan

Niat Sholat Taubat

Niat sholat taubat
Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’alaa
“Aku berniat shalat taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”
Niat diatas dibaca sebelum takbirotul ihram, yang wajib adalah berniat shalat taubat di dalam hati pada saat takbirotul ihram.
Mengenai hukum melafalkan niat ini menurut madzhab syafi’i adalah sunnah. Yang wajib adalah melakukan niat di dalam hati.
Fungsi dari melafadzkan niat sendiri adalah agar hati lebih mantap dan khusyu’, sebab jika tidak dilafadzkan terkadang kurang fokus dalam berniat. Namun bukan berarti menuduh yang tidak melafadzkan niat itu buruk.

Doa Sholat Taubat

doa sholat taubat
Istighfar diatas dibaca sebanyak-banyaknya dengan rasa menyesal, bersalah dan bertekad tidak akan mengulangi perbuatan dosa yang telah diperbuatnya.
Doa taubat diatas secara makna sudah sangat mewakili dari perasaan tersebut. Namun cara bertaubat bukankah hanya sekedar membacanya saja, namun juga dari perasaan hati yang terdalam. Dan harusnya, apa yang dirasa oleh hati adalah sebagaimana makna doa diatas.
” Ya Allah yang maha agung, tiada Tuhan yang berhak di sembah selain Allah, Dzat yang maha hidup kekal abadi dan secara terus menerus mengurus makhluknya tanpa pernah berhenti. Aku bertaubat kepada Allah, mengakui segala dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah ku perbuat. Terimalah taubatnya hamba yang dzolim ini, yang tidak memiliki kuasa atas dirinya sendiri untuk berbuat mudharat atau memberi manfaat, untuk mati, hidup atau bangkit nanti.”
Setelah membaca istighfar diatas sebanyak-banyaknya. Kemudian bacalah doa sayyidul istighfar. Doa sayyidul istighfar merupakan induknya bacaan istighfar yang memiliki banyak sekali keutamaan dan keagungan.

Doa Sayyidul Istighfar

doa sayyidul istighfar
Bacalah doa sayyidul istighfar ini berulang-ulang dengan khusyu’, tadharru’ dan penuh dengan rasa penyesalan. Dengan harapan yang tiada henti memohon ampunan kepada Allah, serta tidak patah harapan bahwa Allah pasti akan mengampuni hambanya yang bertaubat.
Dengan begitu, khauf dan roja’ akan seimbang. Yaitu merasa takut apabila dosa kita tidak terampuni, namun tidak patah harapan bahwa Allah pasti akan mengampuni dosa hambanya yang mau bertobat.

Arti Doa Sayyidul Istighfar

Ya Allâh, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan yang berhak untuk disembah dengan benar kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi ketentuan dan perjanjian-Mu, dan janji-Mu sebisa mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan amal perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah diriku. Karena tiada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau.

Waktu Sholat Taubat

Sebenarnya tidak ada waktu khusus dalam melaksanakan shalat sunnah taubat. Berbeda dengan sholat tahajud atau sholat dhuha yang ditentukan waktu pelaksanaannya.
Sholat sunnah taubat ini bisa dilakukan kapan pun, baik siang atau malam. Namun yang lebih tepat, waktu sholat taubat adalah sesegera mungkin setelah menyadari ada kesalahan atau dosa yang diperbuat, baik disengaja atau tidak.
Hal ini sesuai berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar As Shiddiq:
“Tidaklah seorang hamba melakukan suatu dosa, kemudian ia bersuci dengan baik dan berdiri melakukan shalat dua rakaat, lalu memohon ampun kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya.” Kemudian beliau (Abu Bakar) membaca ayat: “Dan orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri mereka ingat Allah, kemudian memohon ampunan atas dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak melanjutkan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.[QS. Ali Imron: 135]” (HR. Tirmidzi no. 406, Abu Daud no. 1521, Ibnu Majah no. 1395.

Cara Taubat Nasuha

cara taubat nasuha
Tidak hanya cara sholat taubat saja yang perlu diketahui, tapi bagaiamana cara taubat nasuha yang benar juga perlu untuk diketahui. Taubat nasuha artinya adalah taubat yang sebenar-benarnya, taubat yang sesungguhnya (murni).
Sehingga dengan mengetahui cara bertaubat yang benar ini diharapkan tidak keliru olehnya bertobat, serta mengetahui apa yang harus dilakukan agar taubatnya diterima.
Berikut adalah syarat taubat nasuha:
1. Melakukan taubat dengan hati ikhlas, bukan karena sesuatu selain Allah.
2. Menyesali kesalahan dan dosa-dosanya yang telah lalu dan bertekad tidak akan mengulanginya lagi. Sebagaimana yang dikatakan oleh Malik bin Dinar, “Menangisi dosa-dosa itu dapat menghapus dosa-dosa sebagaimana angin dapat mengeringkan daun yang basah.”[Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, Ibnu Rajab Al Hambali]. ‘Umar, ‘Ali dan Ibnu Mas’ud juga mengatakan bahwa cara bertaubat adalah dengan menyesal.
3. Tidak terus menerus melakukan perbuatan dosanya saat ini. Maksudnya, apabila melakukan dosa, maka dengan segera ditinggalkan, dan apabila meninggalkan suatu kewajiban, maka dengan segera kembali menunaikannya. Dan apabila berkaitan dengan haknya manusia, maka dengan segera melaksanakannya atau meminta maaf.
4. Bertekad seteguh mungkin tidak akan mengulangi kesalahan dan dosa-dosa yang telah lalu.
5. Taubat dilakukan pada waktunya, yaitu waktu diterimanya taubat (sebelum ajal menjemput atau sebelum matahari terbit dari arah barat). 


 

Disclaimer: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.Disini

0 Response to "Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Sesuai Petunjuk Nabi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel